Rabu, 26 September 2012

Menu Diet Sehat Golongan Darah O

 Diet sehat golongan darah o
Menu diet sehat golongan darah O cukup berbeda dengan menu diet golongan darah B serta golongan darah lainnya. Hal ini karena tiap golongan darah memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga memperlukan perlakuan maupun menu diet sehat yang berbeda-beda pula yang didasarkan pada jenis golongan darah. Sama seperti pemilik golongan darah lainnya, pemilik golongan darah O memiliki keunikan tersendiri dari segi genetik. Faktor genetik tersebut memengaruhi berbagai hal yang membentuk diri seseorang, mulai dari gaya hidup dan pola makan yang tepat hingga karakteristik dan sifat. Menurut Dr. Peter D’Adamo, dokter naturopati pencetus diet golongan darah, orang-orang bergolongan darah O adalah kelompok hunter (pemburu), golongan darah yang pertama kali muncul pada manusia sehingga banyak mengonsumsi makanan tinggi protein dan harus diimbangi dengan sering berolahraga. Jika anda mengikuti aturan diet sehat golongan darah O yang tepat maka vitalitas tubuh dan performa si O akan mencapai titik maksimal, sementara berat badan ideal bisa tercapai.

 Tipe darah O, yang disebut sebagai pemburu, memiliki ciri khas:
- Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat, seperti daging, buah, ikan, sayuran.
- Sistem kekebalannya berlebihan.
- Respon yang baik atas stres bisa ditanggapi dengan aktivitas fisik.
- Tidak cocok bila berdiet dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.
-  Memiliki risiko terkena penyakit yang disebabkan oleh radang dan kerusakan organ seperti arthritis bila makanan yang diasup tidak sesuai.
 Menu Diet Sehat Golongan Darah O
Profile diet: rendah karbohidrat dan tinggi protein.

 Sangat Bermanfaat (makanan yang mempunyai efek sebagai obat untuk diet golongan darah O): Daging (sapi, kerbau, rusa, domba, anak sapi), Brokoli, ubi, waluh, jahe, kailan, kunyit, selada, lobak china, bluberi, kacang merah, bumbu kari, kacang polong, semua jenis bawang, rumput laut, ganggang laut, ceri, jambu biji.

 Netral (makanan yang tidak bereaksi apapun untuk diet golongan darah O): Bubur gandum, beras, kue beras, Ikan mas, belut, lobster, ikan tuna, roti beras, tepung gandum, ikan sardine, udang, telur (ayam, bebek), labu, Daging (ayam, bebek, kambing, angsa, kalkun, kelinci), mentega, kacang (hitam, merah, buncis, kedelai), tempe, tahu, susu kedelai, terung, tomat.

 Hindari (makanan yang beraksi negatif untuk diet golongan darah O): Kerang, kodok, gurita, telur (angsa, puyuh), es krim, keju, susu sapi, yoghurt(semua jenis), Daging babi, kacang tanah, kacang mede, kuaci, laichi, kentang, mentimun, kembang kol, minyak kelapa, penyu, minyak jagung, jagung, jamur, blewah, kecap, kopi, minuman keras,cumi-cumi, sotong, bunga brokoli, jeruk mandarin, pisang raja, pare, anggur putih.

 Beberapa kelompok sayuran bisa menimbulkan masalah besar bagi golongan darah O, seperti Brassica family (kol dan kol bunga) bisa menghambat fungsi tiroid. Perbanyak konsumsi sayuran yang kaya vitamin K. Hal ini akan membantu faktor pengentalan darah yang lemah pada golongah darah O.

Karena kadar asam lambung tinggi, jenis golongan darah O sebaiknya makan buah yang bersifat alkali seperti beri dan plum. Selain itu, ada baiknya membatasi konsumsi produk-produk susu. Sistem tubuh golongan darah O tidak didisain untuk metabolime produk susu dengan tepat, jadi anda harus memperhatikan menu diet sehat golongan darah O untuk mendapatkan kondisi tubuh yang selalu prima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar